Nu'man Yasir

Nu'man Yasir, M.Pd adalah guru kimia Di SMA Negeri 1 Parongpong Kabupaten Bandung Barat ....

Selengkapnya

Konsep Perubahan di SMA Negeri 1 Parongpong

Seperti kata pepatah Barat yang menyatakan Changing is never ending process yang kurang lebih artinya perubahan adalah proses yang tidak pernah berakhir. Oleh karena itu perubahan adalah sebuah keniscayaan untuk kebaikan SMA Negeri 1 Parongpong ke depan.

Diantara beberapa Konsep yang dapat digunakan untuk melakukan perubahan yang mendasar tersebut setidaknya mencakup 4 hal Antara lain:

1. Perubahan harus didasari atas keteladanan. Konsep keteladanan dalam dunia pendidikan sebenarnya menjadi ruh dalam perubahan pendidikan. Seperti apa yang disampaikan bapak pendidikan kita Ki Hajar Dewantara tentang Konsep Ing Ngarso Sung Tulodo yang kurang lebih artinya didepan memberikan teladan. Konsep ini mengajarkan bagaimana seorang pendidik Dan tenaga kependidikan harus memberikan teladan yang baik untuk siswa sehingga tercipta proses imitasi yang positif di lingkungan sekolah.

2. Perubahan atas dasar pendidikan, pelatihan Dan pembinaan. Pendidikan disini diartikan bahwa guru Dan seluruh staf disekolah memberikan Pemahaman akan sesuatu hal Baik terkait pembelajaran maupun aturan sekolah kepada siswa. Seorang siswa yang sudah paham harus dilatih agar terbiasa berbuat sesuai Dengan apa yang ia pahami. Proses akhir dari Pemahaman dan pelatihan adalah pembinaan. Pembinaan disini diartikan guru dan seluruh staf sekolah mengingatkan secara terus menerus akan pentingnya tertib dalam menjalankan segala aturan yang Ada.

3. Perubahanpun dapat terjadi apabila sekolah ini bisa menjadi lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran. Lingkungan Dan budaya sekolah yang menyenangkan akan berimbas pada terciptanya pembelajaran yang menyenangkan. Lingkungan Dan budaya sekolah yang Baik akan memberikan efek positif untuk perkembangan siswa disekolah.

4. Terakhir Dan yang sering dilupakan akan kekuatan ruhiyah dari semua civitas yang Ada disekolah. Kekuatan ruhiyah seseorang dapat mempengaruhi pola sikap seseorang. Sebagai Contoh seorang yang mengajar dengan senang hati dan penuh ketulusan serta sering mendoakan siswanya akan terasa beda penerimaan dari siswanya dibanding Dengan yang memiliki Sifat sebaliknya.

Pada Intinya perubahan itu tidak akan pernah terjadi kalau kita tidak mau mrmulainya. Mulailah dari diri sendiri, dari hal yang kecil dan mulailah saat ini. Selamat mrncoba...

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali